Buku Ipa Kurikulum 2013
Ambillah Buku IPA Kurikulum 2013! Berapakah Panjang buku tersebut? Tulis dengan satuannya!
1. Ambillah Buku IPA Kurikulum 2013! Berapakah Panjang buku tersebut? Tulis dengan satuannya!
kalau punya saya ukurannya 17,5x250 mm
2. Apakah rantai makanan yang satu dengan yang lain saling berhubungan ?? buku IPA kurikulum 2013
Iyap :D saling berhubungan
Berhubungan karena di buku itu ada jaring-jaring yang menggunakan rantai makanan tersebut.
3. foto buku paket kls 7 ipa kurikulum 2013 hal 129
Jawaban:
Itu bukan ya takut salah
Penjelasan:
kalo salah maaf ya
4. kesimpulan dari halaman 2 sampai halaman 7 bidang studi IPA kelas VII buku kurikulum 2013
buku yang mana? judulnya apa?
5. Ada yanh mau buku paket IPA & PAI & B. INDO KURIKULUM 2013 Bisa chat saya
Jawaban:
maaf saya tidak mauuuuu
Jawaban:
maksudnyaaaa apa yaa saya tidak mengerti maaf
6. Soal ipa Bab 2 hal 75-79 romwi 1 sm 2 buku ipa kurikulum 2013 kelas 8
1. D
2. A
3. A
4. D
5. D
6. C
7.B
8.D
9.B
10.B
1. a) Nama otot: otot jantung, lokasi otot: jantung, ciri-ciri: memiliki garisgaris seperti otot rangka.
b) Nama otot: otot polos, lokasi otot: organ dalam manusia (dinding lambung, usus halus, rahim, dll), ciri-ciri: tidak bergaris-garis, berbentuk gelendong
.c) Nama otot: otot rangka, lokasi otot: melekat pada tulang, sehingga tulang dapat bergerak, ciri-ciri: memiliki garis-garis melintang, sehingga otot ini disebut dengan otot lurik.
2. Gambar tersebut adalah pengungkit jenis pertama, karena posisi titik tumpu berada di antara kuasa dan beban. Contoh benda yang menggunakan prinsip kerja pengungkit tersebut adalah, jungkat-jungkit, gunting.
3. Persendian di antara tulang tengkorak dan tulang leher (sendi putar).a) Sendi pada siku, sendi pada lutut (sendi engsel).b) Sendi pada ibu jari (sendi pelana) sendi pada empat jari yang lain (sendi engsel)c) Sendi pada pergelangan tangan dan kaki (sendi geser)d) Sendi antara tulang lengan atas dan tulang belikat (sendi peluru)
.4. Karena otot merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan tulang yang ada di seluruh tubuh manusia. Otot dapat menggerakkan tulang jika otot melakukan kontraksi. Proses kontraksi otot membutuhkan energi. Kontraksi yang dilakukan oleh otot berlangsung sangat sering, sesering ketika manusia melakukan aktifitas. Sehingga sel otot membutuhkan lebih banyak energy dari pada sel lainnya.
5. Diketahui: Pengungkit A: LK = 20 cm; LB= 120 cmPengungkit B: LK= 80 cm; LB= 60 cm Ditanya: Pengungkit yang memerlukanenergi paling sedikitjikadigunakan.Jawab:
a) KM (Keuntungan Mekanik) A : 20/120 = 1/6
b) KM (Keuntungan Mekanik) B : 80/60 = 1 1/3
Jadi pengungkit yang memerlukan energi paling sedikit jika digunakan adalah pengungkit B, karena semakin besar keuntungan mekanik pesawat sederhana, maka semakin kecil energi yang diperlukan
.6. Jawaban:
a. Balok pada gambar A akan bergerak lebih cepat dibandingkan balok pada gambar B. Hal ini disebebkan karena kecilnya gaya gesek antar balok dengan bidang miring yang licin pada gambar A, sedangkan balok pada gambar B akan bergerak lebih lambat karena besarnya gaya gesekan antar balok dengan bidang yang kasar.
b. Untuk mempermudah pergerakan balok kearah atas maka dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan pesawat sederhana seperti katrol atau dengan member roda untuk mengurangi gesekan antar balok dengan bidang miring.
c. Gaya yang terlibat adalah gaya normal dan gaya gesek
7. Diketahui:Massa (m) = 4 kgPercepatan gravitasi (g) = 10 m/s2Koefisien gesek statis = 0,4Koefisien gesek statis = 0,2Berat balok (w) = m g = (4)(10) = 40 Newtonwx= w sin 30o= (40)(0,5) = 20 Newtonwy= w cos 30o= (40)(0,5√3) = 20√3 NewtonGaya normal (N) = wy= 20√3 NewtonGaya gesek statis (fs) = (0,4)(20√3) = 8√3 NewtonGaya gesek kinetis (fk) = (0,2)(20√3) = 4√3 NewtonF = 40 Newton
Ditanya:Apakah balok diam atau bergerak ? jika bergerak, tentukan resultan gaya yang mempercepat balok dan percepatan balok!
Jawab:Balok bergerak ke bawah jika F < wx+ fs. Balok bergerak ke atas jika F > wx+ fs. F = 40 Newton, wx= 20 Newton dan fs = 8√3 = 13,6 Newton maka disimpulkan balok bergerak ke atas karena F lebih besar dari wx+ fs.
a. Resultan gaya yang mempercepat balokKetika balok bergerak, gaya gesek yang bekerja pada balok adalah gaya gesek kinetis (fk)
.b. Besar dan arah percepatan balok Besar percepatan balok adalah 1,6 m/s2 dan arah percepatan balok adalah ke atas.
7. Buku IPA Kurikulum 2013 revisi 2017 Kelas 9 halaman 245 no. 5
a. 9 dan 6 di paralel
1/Rp = 1/9+1/6= 5/18
Rp = 18/5 = 3,6 ohm
Hambatan pengganti Rt
Rt = Rp + 1 = 4,6 ohm
b. Arus total
I = V/(Rt + r) = 10/( 4,6 + 0,4 )
I = 10/5 = 2 A
c. Tegangan di paralel 6 dan 9 ohm
Vp = I.Rp = 2. 3,6 = 7,2 v
Arus di 9 ohm
I₉ = Vp/9 = 7,2/9 = 0,8 A
d. Arus di 6 ohm
I₆ = Vp/6 = 7,2/6 = 1,2 A
e. Arus di 1 ohm = arus total I
I₁ = I = 2 A
f. V₉ = Vp = 7,2 v
g. V₆ = Vp = 7,2 v
h. V₁ = I₁ . 1 Ω
V₁ = 2 . 1 = 2 v
8. mengapa buku kurikulum 2013 belum sampai?
punya kami udah sampai kok'
mungkin karena cetakannya belum siap
9. Tolong dibantuBuku ipa kurikulum 2013 hal 170 berpikir kritis no.1 dan 2
1.yang paling lambat naik suhunyaitu berdasarkan percobaanku itu gambar dua dari kiri karena partikel air akan lebih lama dalam beertukar tempat dari bawah keatas untuk bergiliran aliran panasnya
2.karena keringat megeluarkan kalor tubuh dan sisa metabolisme di darah yang bisa menjadi racun tubuh bila tidak keluar sehingga pada saat energi banyak dibakar dan menghasilkan panas suhu panas berlebihan akan dikeluarkan dalam bentuk keringat sehingga tubuh suhunya normal kembali
semoga membantu,klik jawaban terbaik yaa
10. tolong dibantu yaa buku paket IPA kurikulum 2013 kelas 8 hal 41
a. fototropisme
b. fototropisme dan geotropisme negatifa. peristiwa gerak geotropisme dan fototropisme . karena gambar (a) menjahui cahaya dan gambar (b) membelok menuju ke arah matahari .
b. geotropisme dan gravitropisme . karena arah gerak akar selalu menuju pusat bumi dan arah gerak tumbuh batangnya slalu tegak ke atas menjahui pusat bumi .
11. Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 136 dan 137
Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 halaman 137 adalah pencemaran pada Gambar 3.4 tergolong pencemaran air, bukti yang mendukung yaitu keadaan air yang kotor, baud an tidak dapat digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Pencemaran pada Gambar 3.5 tergolong pencemaran tanah, bukti yang mendukung yaitu tanah yang penuh sampah plastik sukar diurai sehingga tanah menjadi tidak subur serta tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.
PembahasanKunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 136 adalah sebagai berikut:
Di antara kesepuluh temanmu, yang jumlah sampah rumah tangganya paling banyak adalah siswa yang memiliki jumlah anggota keluarga paling banyak. Di antara kesepuluh temanmu, yang jumlah sampah rumah tangganya paling sedikit adalah yang memiliki jumlah anggota keluarga paling sedikit. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah semakin banyak anggota keluarga maka jumlah sampah rumah tangga yang dihasilkan akan semakin banyak. Prediksi jumlah sampah yang dihasilkan oleh rumahmu selama satu minggu kira-kira 30 kg. Hubungan antara jumlah penduduk dengan jumlah sampah yang dihasilkan adalah semakin banyak jumlah penduudk, maka sampah yang dihasilkan akan semakin banyak. Prediksi yang akan terjadi apabila setiap keluarga tidak mengatasi sampah yang dihasilkannya dengan baik, sebagai contoh, setiap hari mereka membuang sampahnya ke sungai atau selokan yang ada di sekitar rumah atau bahkan membiarkan sampah rumah tangga menumpuk di halaman rumah yaitu terjadinya pencemaran di berbagai tempat. Jika sampah dibuang ke sungai atau selokan maka akan terjadi pencemaran air di sungai dan selokan serta akan menyebabkan banjir. Jika sampah dibuang di halaman rumah, maka akan menyebabkan pencemaran tanah serta bau tidak sedap akan menganggu pemilik rumah.Kunci jawaban buku paket ipa kelas 9 kurikulum 2013 hal 137 adalah sebagai berikut:
Pencemaran pada Gambar 3.4 tergolong pencemaran air, bukti yang mendukung yaitu keadaan air yang kotor, bau dan tidak dapat digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Jika dibiarkan secara terus menerus maka akan menyebabkan banjir saat musim penghujan tiba.Pelajari lebih lanjut tentang pencemaran air di: https://brainly.co.id/tugas/21490265.
Pencemaran pada Gambar 3.5 tergolong pencemaran tanah, bukti yang mendukung yaitu tanah yang penuh sampah plastik sukar diurai sehingga tanah menjadi tidak subur serta tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.Benda-benda yang berada di tempat yang tidak semestinya, dengan jumlah yang tidak semestinya maka kita sebut sebagai polutan.
Jenis-jenis polutan air misalnya antara lain:
Limbah detergen. Limbah cair industry. Sampah rumah tangga yang dibuang ke suangai. Limbah pupuk kimia pertanian. Limbah pestisida dari pertanian.Pelajari lebih lanjut tentang pestisida di: https://brainly.co.id/tugas/17323617.
Jenis-jenis polutan tanah misalnya antara lain:
Plastik bekas. Botol bekas. Limbah cair industry yang dibuang ke tanah.Pelajari lebih lanjut tentang penanggulangan limbah industri di: https://brainly.co.id/tugas/16046889.
Air lindi yang berasal dari tumpukan sampah. Sampah organic rumah tangga.Jenis-jenis polutan udara misalnya antara lain:
Asap kendaraan bermotor. Asap pabrik. Asap rokok. Gas CO2. Gas SO2. Gas NO2. Gas CFC. Gas CO.Efek dari polusi udara ada bermacam-macam seperti pada uraian berikut ini:
Pencemaran akibat dari karbon dioksida menyebabkan:
Efek rumah kaca Pemanasan global Mencairnya es di kutub Naiknya permukaan air laut. Perubahan iklim yang menjadi tidak dapat di prediksi. Terjadinya banyak badai.Pencemaran akibat dari karbon monoksida menyebabkan:
Terganggunya sistem pernapasan Kurangnya oksigen dalam tubuh Hemoglobin lebih suka mengikat karbon monoksida disbanding mengikat oksigen.Pencemaran akibat dari sulfur oksida maupun nitrogen oksida menyebabkan:
Hujan asam Perairan menjadi asam sehingga hewan dan tumbuhan air menjadi mati Tanah menjadi asam sehingga tidak dapat ditanami Besi pada bangunan menjadi korosi.Pencemaran akibat dari Cloro Fluoro Carbon menyebabkan:
Lubang pada lapisan ozon Radiasi sinar UV lebih banyak Kanker kulit Turunnya imunitas. Detil jawabanKelas: VII
Mapel: biologi
Bab: pencemaran lingkungan
Kode: 7.4.9
Kata kunci: sampah, polusi tanah, polusi udara, polusi air
12. ada yang punya alamat untuk download buku bse sma kelas xi ipa kurikulum 2013 ???
ada sih tulis download buku bse di google. nanti kamu bakal ketemu website punya kemendikbud nah disitu kamu bisa download bukunya. tapi coba dulu aja deh soalnya saya kmaren mau download tapi web lagi dalam pengembangan. coba download nya di www.mahoni.com disitu buku banyak buku bse juga
13. Apa jawaban IPA halaman 41 nomor 6 di buku paket kurikulum 2013 kelas 8 ?
a . Fototropisme , karena menunjukkan pengaruh rangsang cahaya terhadap arah tumbuh batang tumbuhan .
b.gambar a disebut fototropisme positif karena mengikuti arah matahari / rangsang
gambar b disebut fototropisme negatif karena menjauhi arah matahari / rangsang
14. buku IPA buku kurikulum 2013 SMP hal. 160 no. 8 a dan b trimakasih
a. Apakah jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan?
b. Berdasarkan data pada tabel, perubahan volume ketika suhu zat dinaikkan juga berbeda-beda. Kesimpulannya: jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaska
15. jawablah pertanyaan dalam buku paket ipa kurikulum 2013 hal 190 no 1 sampai no 3
Kalo yang halaman 191 uji kompetensi 8.3:
1. Jenis Termometer yang terbuat dari :
a. zat cair : termometer klinis, termometer laboratorium
b. zat padat : termometer bimetal, termometer hambatan, termokopel
c. gas : termometer gas
2. termometer bimetal, pirometer
3. termometer bimetal, termokopel, termometer inframerah
Posting Komentar untuk "Buku Ipa Kurikulum 2013"