Soal Teks Anekdot
contoh soal untuk teks anekdot dan makna dari teks anekdot tersebut
1. contoh soal untuk teks anekdot dan makna dari teks anekdot tersebut
makna teks anekdot yaitu teks yang mengandung tentang sindiran ringan terhadap pemegang kekuasaan dalam dunia sosial maupun politik .
contoh soal 1. yang merupakan unsur unsur teks anekdot yaitu ?
2. soal 1.orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat soal 2.bagian krisis pada teks anekdot tersebut adalah bantu dong
Jawaban:
1.oreintasi nomor 2 dan 3
2.bagian krisis nomor 4
Penjelasan:
orientasi merupakan awal siatu kejadian dari bergulirnya cerita
krisis merupakan puncak cerita dimana petugas bertanya kenapa orang kaya perlu pinjaman.
semoga membantu
3. Teks anekdot tentang persoalan yang kita hadapi
MIsalnya : pengalaman yg paling anda rasa sangat terkesan ..
4. soal teks anekdot,tolong di jawab
1.sebutkan pengertian dari anekdot!
2.sebutkan struktur teks anekdot!
3.unsur humor menyangkut tentang?
4.buatlah analisis teks anekdot!
5.apa perbedaan anekdot dgn stand up?
5. soal objektif teks anekdot
1 ) Perhatikan struktur anekdot :1. Koda2. Krisis3. Abstraksi4. Reaksi5. Orientasi
Urutan struktur teks anekdot yang tepat adalah ….
A. 3-5-4-2-1B. 3-5-2-4-1C. 3-4-5-2-1D. 3-2-4-5-1E. 3-4-2-5-1
6. contoh soal teks anekdot
sebutkan urutan dalam penulisan teks anekdot
apa yang di maksud anekdot?
7. tentang anekdot judul bikin undang undang.soal: apakah teks ini termasuk teks anekdot yang baik ?
tidak. karena anekdot adalah cerita singkat yg menarik karena lucu dan mengesankan.
8. contoh soal teks anekdot
apa sajakah hal hal penting yang harus diperhatikan dlm memahami struktur dan kaidah teks anekdot ?
bagaimana cara menginterpretasi teks anekdot ?
apa yang perlu diperhatikan dalam menyunting teks anekdot ?1. apa yang anda ketahui tentang anekdot dan sebutkan, jelaskan dan beri contoh 5 struktur anekdot.
2. buatlah karakteristik anekdot dan jelaskan masing* dalam karakteristik tersebut
9. Soal tentang teks anekdot dalam cerita
Jawaban:
Maaf kak boleh bertanya soal ceritanya mana ya?
10. Contoh soal tentang teks anekdot dan humor
Ekspresi, jeda,tempo,pelafalan,dan intonasi..
11. contoh soal dalam megevaluasi teks anekdot
Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
• Evaluasi struktur isi dan bahasa teks anekdot
• Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
• Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek Mengamati
• membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot
• membaca contoh teks anekdot dan memahami isinya
Menanya
• mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot
• mempertanyakanisi teks anekdot yang dibaca
Mengeksplorasi
• membaca contoh teks anekdot
• mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat
• menulis ulang teks anekdot dalam bentuk uraian monolog
• membuat naskah drama pendek (untuk 10 menit) yang berisi kritik sosial dengan memperhatikan struktur teks anekdot: abstraksi^orientasi^ krisis^reaksi^koda.
Mengasosiasi
• mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan teman atau kelompok lain
• mencari kesesuaian antara teks anekdot dengan tulisan cerita ulang teks anekdot
Mengomunikasikan
• mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan rasa percaya diri
• menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
• Memeragakan/mementaskan hasil konversi teks anekdot
• Mengomentari pementasan teks anekdot Tugas:
• para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks anekdot
• secara individual peserta didik diminta mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
12. soal pilihan ganda tentang teks anekdot
Di bawah ini yang merupakan ciri ciri cerita anekdot adalah?
a. cerita lucu tetapi fakta
b. cerita ngaur
c. cerita yang berkisah tentang kerajaan
d. cerita binatang
e. cerita dongeng
Bagian anekdot yang menunjukkan kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi disebut ... .
a. abstraksi
b. koda
c. krisis
d. reaksi
e. koda
Tujuan penulisan teks anekdot adalah ... .
a. memberi petunjuk
b. memberi argumentasi
c. menjelaskan
d. menghibur
e. menganalisis
13. Persoalan yang dimunculkan pada teks anekdot siapa yang paling berani
yang paling berani adalah orang yang menampilkan teks itu dgn matang di depan banyak orang tanpa takut garing
14. soal teks anekdot pilihan ganda
contoh soal teks anekdot
15. soal menyoroti teks anekdot
Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
• Evaluasi struktur isi dan bahasa teks anekdot
• Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
• Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek Mengamati
• membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot
• membaca contoh teks anekdot dan memahami isinya
Menanya
• mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot
• mempertanyakanisi teks anekdot yang dibaca
Mengeksplorasi
• membaca contoh teks anekdot
• mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat
• menulis ulang teks anekdot dalam bentuk uraian monolog
• membuat naskah drama pendek (untuk 10 menit) yang berisi kritik sosial dengan memperhatikan struktur teks anekdot: abstraksi^orientasi^ krisis^reaksi^koda.
Mengasosiasi
• mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan teman atau kelompok lain
• mencari kesesuaian antara teks anekdot dengan tulisan cerita ulang teks anekdot
Mengomunikasikan
• mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan rasa percaya diri
• menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
• Memeragakan/mementaskan hasil konversi teks anekdot
• Mengomentari pementasan teks anekdot Tugas:
• para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks anekdot
• secara individual peserta didik diminta mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Menganalisis teks anekdot
Ciri khas anekdot
1.Dari kehidupan nyata dan diubang menjadi cerita yang berisi senda gurau
2.Bersifat fiktif
3.Tujuan utanmanya mengungkap kebenaran secara umum dengan cara menghibur pembaca
4.Terkadang ada sindiran /satire
5.Berkaitan dengan tradisi tamsil
Hal-hal perlu diperhatikan dalam menulis anekdot
Ide cerita dapat diambil dari pengalaman
Ide cerita dapat ditulis dalam buku catatan
Mengembangkan cerita menjadi cerita utuh
Memeriksa kembali setelah selesai menulis teks
Menilai teks anekdot
Memahami tema dan ide cerita
Kata atau bahasa yang digunakan
Sesuai wawasan dan presepsi
Menyatakan bahwa teks anekdot dapat dipahami dan berkesan baik ,juga memiliki tujuan bagi pembaca.
Menafsirkan maksa tersirat
Proses pemberian kesan terhaadap maknaanekdot, baik tulisan maupun lisan
Intrprestasi(merujuk pada proses penafsiran yang sedang dilakukan) digunakan untuk mengambil makna yang belum jelas
Teksis menulis teks anekdot
Berani mengungkapkan ide-ide cerita
Kreatif
Menertawakan diri sendiri
Memberikan kejutan bagi pembaca
Menyunting teks anekdot
Proses penyuntingan agar sesuai dengan kaidah bahasa. Kaidah bisa berupa ejaan, diksi dan struktu kalimat
Menceritakan teks anekdot
Dan bermain peran berdasarkan cerita
Posting Komentar untuk "Soal Teks Anekdot"