Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Bentuk Garis Imajiner Yang Dilalui Penari Selama Melakukan Gerak Tari


Bagaimana Bentuk Garis Imajiner Yang Dilalui Penari Selama Melakukan Gerak Tari

Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari​

1. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari​


Jawaban:

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. ... Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.

Penjelasan:

semoga membantu


2. bagaimana bentuk garis imajiner yang di lalui penari selama melakukan gerak tari?​


Jawaban:

Garis imajiner yang dilalui oleh penari dan dibentuk oleh formasi penari kelompok saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai setiap tarian di Indonesia berbeda - beda sesuai karakteristik daerah dan ritme tariannya


3. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari?


Lurus, Zig zag, lengkung, lingkar

Maaf kalau salah

4. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak taritolong di jawap​


Jawaban:

Saat penari memeragakan suatu tarian, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran.

Bentuk formasi garis ini dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian. Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai.

Penjelasan:

semoga membantu^^

maaf kalah salah

Jawaban:

horizontal, vertikal, diagonal, zig-zag, lingkaran, segitiga, segi lima, segi empat.

Penjelasan:

semoga membantu


5. garis imajiner yang dilalui oleh para penari Saat melakukan gerak tari disebut


Jawaban:

pola lantai

Penjelasan:

pliss kak kasih jawaban tercedas


6. garis imajiner yang dilalui oleh penari pada saat melakukan gerak tari disebut​


Jawaban:

pola lantai yang di buat oleh penari


7. Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut...


Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai juga merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok.

8. Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut...........................​


Jawaban:

Pola Lantai........

:))))))))

Jawaban:

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat

melakukan gerak tari disebut pola lantai


9. garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari adalah


Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari adalah pola lantai.

Pembahasan

Pola lantai adalah suatu aturan dalam seni tari yang mengatur tentang cara berpindah tempat dan cara bergerak (melangkah atau bergeser) yang ditujukan bagi penari. Tujuan utama dari pola lantai adalah supaya para penari dapat menguasai panggung dan tarian tampak tertata sehingga menarik untuk ditampilkan.

Selain itu, pola lantai juga memiliki beberapa tujuan lain, yaitu:

Menghindari tabrakan yang tidak diinginkan antara para penari, baik tabrakan tubuh maupun gerakan yang dilakukan tangan.Membedakan gerak tari antara setiap penari.Mempermudah penari untuk menguasai panggung.Membuat tarian tampak lebih menarik ketika ditampilkan di hadapan penonton.Memberi kesempatan bagi setiap penari untuk dapat dilihat dengan jelas oleh penonton.

Penggunaan pola lantai berfungsi untuk menata gerak tari, menampakkan suatu struktur dalam tarian, dan membuat tarian tampak kompak dan sinkron. Ketiga hal tersebut pada akhirnya akan memberikan daya tarik tarian kepada penonton.

Pada umumnya, ada dua jenis pola lantai yang umum digunakan untuk penampilan tarian. Jenis pertama adalah pola lantai garis lurus, yaitu pola lantai di mana setiap penari membuat pola yang tampak seperti garis lurus atau bidang bersudut apabila dilihat dari atas.

Pola lantai horizontal, yaitu pola di mana setiap penari berjajar lurus dari satu sisi samping ke sisi seberangnya. Pola ini memiliki makna tentang hubungan antara manusia dengan alam.Pola lantai garis lurus vertikal, yaitu pola yang membentuk garis lurus dari sisi depan ke sisi belakang, baik menghadap maupun membelakangi penonton. Pola ini bermakna tentang hubungan antar para manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis kedua adalah pola lantai garis lengkung, yaitu pola lantai di mana setiap penari membuat pola melengkung apabila dilihat dari atas. Contohnya:

Pola lantai garis lengkung, yaitu pola diagonal yang membentuk garis lurus menyudut dari satu pojok ke pojok seberangnya. Pola ini bermakna kedinamisan dan kekuatan.Pola lantai garis lengkung melingkar, yaitu pola di mana para penari membentuk lingkaran. Pola ini bermakna hubungan antara manusia dengan Tuhan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian tari brainly.co.id/tugas/3805425Materi tentang ragam gerak tari brainly.co.id/tugas/2773532Materi tentang tari tradisional brainly.co.id/tugas/8763154Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Seni Budaya

Bab: 5 - Elemen Gerak Tari

Kode: 7.19.5

#TingkatkanPrestasimu


10. Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut


jawabannya pola
semoga benar ya

11. Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak taridisebut​


Jawaban:

Disebut dengan pola lantai


12. Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut...........................​


Yang merupakan garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari di atas panggung disebut pola lantai.

Pembahasan

Pola lantai merupakan posisi atau formasi yang diambil dan dilalui oleh penari saat sedang melakukan gerak tari. Pola lantai tersebut dapat diwujudkan baik oleh pergerakan seorang penari saja maupun pergerakan penari secara berkelompok.

Pola lantai pada tari tradisional memiliki fungsi antara lain sebagai berikut:

Menambah kejelasan gerakan yang dilakukan oleh setiap penari.Membantu memberikan penonjolan pada peran atau tokoh tertentu dalam tarian.Memperindah suatu tarian dan memberi kesan tertentu pada penonton.Membantu penari untuk menguasai panggung.Membentuk komposisi tarian sekaligus menyesuaikan penari dengan ruang tampil.Memberi kesempatan bagi setiap penari untuk dapat dilihat dengan baik dan jelas dari sisi penoton.Menghindari tabrakan atau benturan yang tidak diinginkan, baik anggota badan maupun keseluruhan badan.

Secara luas, pola lantai dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu pola lantai garis lurus dan pola lantai garis lengkung. Pola lantai garis lurus merupakan pola lantai yang terdiri dari garis-garis lurus yang bertemu pada ujung-ujungnya. Contoh pola lantai garis lurus antara lain adalah pola lantai horizontal, zig-zag, persegi, segi tiga, dan sebagainya.

Pola lantai garis lengkung merupakan pola lantai yang terdiri dari garis lengkung saja atau dengan garis lurus yang dihubungkan pada ujung-ujungnya. Biasanya, penggunaannya banyak ditemukan pada tarian yang berkaitan dengan keagamaan atau magis. Contohnya adalah pola lantai lingkaran, busur, huruf S, angka 8, dan sebagainya.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang jenis-jenis pola lantai https://brainly.co.id/tugas/188175Materi tentang pengertian pola lantai https://brainly.co.id/tugas/13587060Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Seni Budaya

Bab: 5

Kode: 7.19.5

#TingkatkanPrestasimu


13. Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut....


Jawaban:

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai

Penjelasan:

maaf klo slh

Penjelasan:

pola pola lantai merupakan garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari.

Semoga bermanfaat


14. bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari manuk dadali?​


Jawaban:

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. ... Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.

Penjelasan:

semoga membantu


15. garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut


Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut POLA LANTAI.

Garis imajiner yang dilalui oleh penari dan dibentuk oleh formasi penari kelompok saat melakukan gerak tari disebut pola lantai.

Pola lantai setiap tarian di Indonesia berbeda - beda sesuai karakteristik daerah dan ritme tariannya. Pola lantai ini sebenarnya merupakan teknik blocking atau penguasaan panggung seoarang penari yang berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak.

Secara umum, pola lantai digambarkan berupa garis lurus atau garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat, sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah. Untuk bentuk pola garis lurus bisa dikembangkan menjadi beberapa jenis pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig - zag, segitiga, segi empat dan segi lima.

Sedangkan untuk bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi beberapa jenis pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan dan garis lengkung ke belakang.

Pelajari lebih lanjut :

https://brainly.co.id/tugas/82012 tentang penjelasan mengenai pola lantai

https://brainly.co.id/tugas/194685 tentang bentuk - bentuk pola lantai

https://brainly.co.id/tugas/188175 tentang jenis - jenis pola lantai

DETAIL JAWABAN

MAPEL : SENI BUDAYA

KELAS : VI

MATERI : MENGENAL POLA LANTAI PADA KARYA TARI

KATA KUNCI : POLA LANTAI, LURUS, LENGKUNG, GARIS IMAJINER

KODE SOAL : 19

KODE KATEGORISASI : 6.19.5


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Bagaimana Bentuk Garis Imajiner Yang Dilalui Penari Selama Melakukan Gerak Tari"