Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penilaian Dalam Rpp


Penilaian Dalam Rpp

rancangan penilaian pada RPP mencakup....

Daftar Isi

1. rancangan penilaian pada RPP mencakup....


Rancangan penilaian pada RPP mencakup UUD

2. rancangan penilaian pada RPP mencakup....


1.Memuat aktivitas proses belajar mengajar yang akan dilaksanakan oleh guru yang akan menjadi pengalaman belajar bagi siswa.
2.Langkah-langkah pembelajaran disusun secara sistematis agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.
3.Langkah-langkah pembelajaran disusun serinci mungkin, sehingga apabila RPP digunakan oleh guru lain (misalnya, ketiga guru mata pelajaran tidak hadir), mudah dipahami dan tidak menimbulkan penafsiran ganda.

3. Perbedaan penilaian silabus dan rpp terletak pada


Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing

prinsip pengembangan silbalus ; 1 . ilmiah 2. relavan 3. sistematis 4. konsisten 5. memadai 6. aktual

kalo RPP
Pengembangan Rencana Pelaksanaan pembelajaran harus ilmemperhatiikan perhatian hldan karakteristik peserta didik terhsdap materi materi yang dijadikan bahan kajian.

pengembangan RPP
A. rencana pelaksanaan pembelajaran harus sederhana dan pelaksanaan
B.kompetensi yang dirumuskan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus jelas, makin konkrit, kompetensi makin mudah di amati, dan makin cepat

ini bukan pelajaran penjaskes gan

4. Buatlah RPP singkat dalam 1 halaman yang dapat merepresentasikan pembelajaran untuk siswa SD tentang penyakit pencegahan dan penyembuhannyapenyakit, pencegahan dan penyembuhannya! (komponen RPP: Identitas, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian)


                                   Sekolah : SDN Karya

                                  Mata Pelajaran : IPA

                                 Kelas/Semester : VB/I

                               Alokasi waktu : 2x35 menit

Standar Kompetensi

Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

Kompetensi Dasar

Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan  makanan dan kesehatan  

Tujuan

Melalui menggali informasi dengan membaca buku siswa dapat mengetahui penyakit  yang berhubungan dengan alat pencernaan.Melalui menggali informasi dengan membaca buku siswa dapat mengetahui kebiasaan  hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.Karakter siswa yang diharapkan : kerja keras, tanggung jawab dan jujur.

Materi Pembelajaran

Penyakit Pada Alat PencernaanPerawatan Alat Pencernaan

Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi dan penugasan

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:

Mengkondisikan siswa untuk siap  mengikuti pembelajaran.Guru menyapa siswa dengan salamGuru mengajak siswa berdoa menurut  agama dan kepercayaan masing-masing  dengan dipimpin oleh salah satu siswaGuru menanyakan kabar siswa dan  kehadiran siswaGuru memberikan apersepsi dengan  bertanya “siapa yang pernah sakit perut?”Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran  yang akan dilakukan pada pertemuan hari  ini.

Inti :

Eksplorasi

Siswa mendengarkan dan mengamati guru  yang sedang menjelaskan materi dengan  menggunakan LCD

Elaborasi

Kelas dibagi menjadi beberapa kelompokGuru membagikan lembar kerjaSiswa mengamati guru dalam menjelaskan  kegiatan yang akan dilakukan siswa.Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan  lembar kerja sesuai dengan perintah yang  terteraPerwakilan masing-masing kelompok maju  untuk membacakan hasil diskusinya.

Konfirmasi

Guru bertanya jawab tentang hal yang  belum diketahui siswaGuru bersama siswa bertanya jawab  meluruskan kesalahpahaman

Penutup:

Guru bersama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar yang telah  dipelajari.Guru melakukan penilaian hasil belajar  berupa evaluasi tertulis.Guru mengajak semua siswa berdoa  menurut kepercayaan dan keyakinan  masing-masing yang dipimpin salah satu  siswa.

Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Mencari informasi tentang penyakit  yang berhubungan dengan  pencernaan. =>Tes => IsianMempraktekkan kebiasaan hidup  sehat untuk menjaga kesehatan alat  pencernaan. => Tes => Isian

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang apa itu RPP https://brainly.co.id/tugas/29518134

Materi tentang komponen RPP https://brainly.co.id/tugas/8160431

Materi tentang contoh RPP Sekolah Dasar https://brainly.co.id/tugas/15713622


5. perbedaan penilaian pd silabus dan RPP terletak pada


Mata pelajaran: Ujian Nasional

Kelas: SMA

Kategori: silabus dan RPP

Kata kunci: Perbedaan penilaian pada silabus dan RPP

Pembahasan:

 

A.SILABUS

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.


Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.


Penilaian ialah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur  keberhasilan belajar siswa.Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Contohnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.

 

B. RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran)

Rencana pelaksanaan pembelajaran ialah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.


RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.


Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, sikap, penilaian hasil karya berupa proyek atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.

 Jenis penilaian yang dapat digunakan dalam system penilaian berbasis kompetensi, antara lain sebagai berikut.

a.Kuis, bentuknya berupa isian singkat dan menanyakan hal-hal yang bersifat prinsip. Biasanya dilakukan sebelum mata pelajaran dimulai, kurang lebih 15 menit. Kuis dilakukan untuk mengungkap kembali penguasaan pembelajaran oleh siswa.

b.Pertanyaan lisan di kelas, yaitu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan tujuan memperkuat pemahaman terhadap konsep, prinsip, atau teori.

c.Ulangan harian, adalah ujian yang dilakukan setiap saat, misalnya 1 atau 2 materi pokok selesai diajarkan.

d.Tugas individu, yaitu tugas yang diberikan kapan saja, biasanya untuk memeperkaya materi pembelajaran, atau untuk persiapan program-program pembelajaran tertentu.

e.Tugas kelompok, yaitu tugas yang dikerjakan secara kelompok (5-7 siswa). Jenis tagihan ini digunakan untuk menilai kemampuan kerja sama di dalam kelompok.

f. Ujian sumatif, yaitu ujian yang dilakukan setiap satu standar kompetensi atau beberapa satuan komptensi dasar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan penilaian adalah sebagai berikut.

a.Untuk mengukur pencapaian kompetensi peseta didik, yang dilakukan berdasarkan indikator,

b.Menggunakan acuan criteria,

c.Menggunakan system penilaian berkelanjutan,

d.Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut,

e.Sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran

 

 

 


6. RPP PKn kelas V berbasis portofolio dengan penilaian hots​


Penjelasan:

rpp tematik kelas 5 model portofolio


7. Buatlah RPP singkat dalam 1 halaman yang dapat merepresentasikan pembelajaran untuk siswa SD tentang penyakit, pencegahan dan penyembuhannya! (komponen RPP: Identitas, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian)


Penjelasan:

Semoga bermanfaat kakak


8. Siapkan RPP yang sudah pernah Saudara kembangkan di sekolah, cermati RPP tersebut berdasarkan kelengkapan komponen, format RPP yang digunakan serta kesesuaian antar komponen dari RPP tersebut. Buat catatan-catatan dari hasil pencermatan RPP tersebut, kemudian buatlah RPP baru (rancangan pembelajaran baru) berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut.


jawabanterbaikkayanya

kurikurum baru dan cara belajar /materi nya berbeda


9. Apakah dalam RPP mata pelajaran sejarah kurikulum 2013 harus mempunyai penilaian ketrampilan? berikan alasan! mohon bantuannya yaa..


Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk berpikir aktif. Selain itu kurikulum ini juga dipercaya akan menguatkan akhlak bangsa yang mulai memudar, lebih tepatnya untuk membenahi karakter bangsa. Kurikulum 2013 juga menuntut siswa dapat mengkomunikasikan hal yang telah disampaikan. Di kurikulum ini ketrampilan diisi dengan jawaban siswa mengenai soal yang guru tanyakan ----
kurikulum 2013 menuntut siswa untuk berani tampil dan aktif
sbnerny,penting jg ketetampilan biar lbh kreativ

10. Siapkan RPP yang sudah pernah Saudara kembangkan di sekolah, cermati RPP tersebutberdasarkan kelengkapan komponen, format RPP yang digunakan serta kesesuaian antarkomponen dari RPP tersebut.Buat catatan-catatan dari hasil pencermatan RPP tersebut kemudian buatlah RPP baru(rancangan pembelajaran baru) berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut.​


Jawaban:

berdasarkan kelengkapan komponen, format RPP yang digunakan serta kesesuaian antar

komponen dari RPP tersebut.

Buat catatan-catatan dari hasil pencermatan RPP tersebut, kemudian buatlah RPP baru

(rancangan pembelajaran baru) berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut


11. • Buatlah Rpp yang sudah pernah dikemsekolah, dan cermati Rpp tersebutt berKelengkapan komponen, format Rpp yangSerta Kesesuaian antar kompenen dari RppCatatan-catatan dan hasil pencermatanKemudian buat Rpp baru (rangcanganbaru) berdasarkan perbaikan dari hasitersebut ​


Jawaban:

Siapkan RPP yang sudah pernah dikembangkan di sekolah cermati rpp tersebut dan buatlah catatan catatan hasil pencematan kemudian buatlah rpp baru berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut

Penjelasan:

semoga membantu ya dan jadikan jawaban terjerdas ya


12. rpp manakah yang lebih bagus. rpp yang berpusat pada guru atau rpp yang berpusat pada siswa. dan berikan alasannya.


Jawaban:

RPP yang lebih bagus adalah RPP yang berfokus pada siswa. Hal ini karena tujuan akhir pendidikan adalah siswa yang berkualitas. Sementara peran guru lebih terletak kepada pendamping.

Penjelasan:

RPP merupakan rencana pokok pembelajaran. Rencana dibuat dengan mempertimbangkan ilmu pengetahuan yang akan diwariskan kepada para peserta didik serta proses yang harus ditempuh. Sebuah RPP yang ideal adalah RPP yang menekankan pada siswa sebagai peserta didik, sembari menempatkan tenaga pengajar sebagai pembimbing atau pendamping mereka selama proses pendidikan.

Pelajari lebih lanjut tetnang materi RPP pada https://brainly.co.id/tugas/7905298

#BelajarBersamaBrainly


13. perbedaan penilaian pd silabus dan RPP


Perbedaan penilaian pd silabus dan RPP:
Silabus dan RPP perbedaannya hanya terletak pada tujuan penyusunan. Silabus dipersiapkan dan dinilai untuk keperluan selama satu semester, sementara RPP dipersiapkan dan dinilai untuk satu pertemuan atau per bab. RPP mencakup langkah-langkap pembelajaran, sedangkan silabus tidak ada mencangkup langkah-langkah pembelajaran sama sekali.

14. apa perbedaan RPP rutin dengan RPP ptk​


RPP merupakan singkatan dari RancanganPelaksanaanPembelajaran. Seorang guru wajib membuat RPP sebelum masuk ke kelas dan melakukan pengajaran kepada para siswa. RPP sangat penting karena RPP merupakan panduan seorang guru dalam mengajar agar hasil dari pengajaran dan pembelajaran di kelas dapat sesuai yang diharapkan. Berikut ini perbedaan dari RPP rutin dan RPP PTK, yaitu:

RPP rutin dibuat sekali dan akan dievaluasi setelah selesai satu periode pengajaran. Satu periode pengajaran berlangsung selama satu semester.RPP PTK sangat mungkin terjadi perubahan dari rencana awal. PTK adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam bentuk cycle atau periodependek. Dalam satu periode pengajaran biasanya hanya terdiri dari beberapa pertemuan. RPP PTK akan berubah dan mengambil masukan dari periodepengajaransebelumnya. Pembahasan

RPP berisi berbagai macam hal terkait dengan pengajaran di kelas. Di dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran, hasil yang diharapkan dari proses pengajaran, metodepengajaran, dan metodeevaluasi dari sebuah proses pengajaran dan pembelajaran di kelas.

Seorang guru perlu membuat RPP sebelum mulai mengajar. Mengajar para siswa tanpaRPP akan membuat aktivitas pengajaran dan pembelajaran di kelas kurangterarah. Hal ini disebabkan guru tidak mempunyai pegangan yang jelas akan proses pembelajaran yang harus dilakukan. RPP akan membuat guru mengajar lebih runtut, sistematis dan efektif.

Pelajari lebih lanjutPengertian dari RPP https://brainly.co.id/tugas/5732581Fungsi dan Kegunaan RPP https://brainly.co.id/tugas/4385993Manfaat Media Pembelajaran pada KBM https://brainly.co.id/tugas/45312010Detail jawaban

Kelas: VI

Mapel: Umum

Bab:  Tugas Guru dan Penelitian Tindakan Kelas

Kode: -

#AyoBelajar #SPJ2


15. Apakah relevansi penilaian dengan tujuan pembelajaran yang tertera dalam RPP ?​


Jawaban:

kebaikan lebih baik dari pada kejahatan

Penjelasan:

maaf kalau salah


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Penilaian Dalam Rpp"