Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sk Penetapan Kurikulum Paud


Sk Penetapan Kurikulum Paud

pentingnya kurikulum PAUD?

Daftar Isi

1. pentingnya kurikulum PAUD?


Kurikulum PAUD / RA sangatlah penting bagi anak" karena itu adalah dimana saat pertama anak" bersekolah formal ..sehingga krikulum yang dipakai harus kompeten dan bagus

semoga terbantu

2. makna atau pengertian kurikulum PAUD!


makna paud merupakan sekolah yang sederajat dengan TK

3. Jelaskan implementasi kurikulum 13 pada paud ​


Jawaban:

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil keputusan untuk mengubah (lagi) kurikulum pendidikan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013. KTSP yang mulai diterapkan tahun 2006 sebagai hasil evaluasi atas Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang diterapkan tahun 2004 secara resmi akan diganti pada tahun ajaran baru.

Sebagai salah satu perangkat atau instrumen pendidikan, kurikulum bukan harga mati. Evaluasi dan perubahan atas kurikulum adalah suatu keniscayaan bahkan keharusan. Setiap kurikulum pasti dilakukan penggantian, perubahan, perbaikan, pengembangan, penyempurnaan, atau apapun namanya. Kalau ada kurikulum yang tidak pernah dikembangkan sudah dapat dipastikan akan 'ditinggal' oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum termasuk pembelajaran dan penilaian pembelajaran dan kurikulum (Anita Lie: 2012).

Perubahan dan pergantian Kurikulum dalam sejarah kebijakan pendidikan nasional di Indonesia sudah sering terjadi? Sejak Indonesia merdeka, sekitar 12 kali sistem pendidikan nasional Indonesia telah berubah-ubah kurikulum. Perubahan terakhir ialah dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk menggantikan.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat


4. Perbedaan kurikulum 2004 dan 2006 di paud


Jawaban:

Mungkin, untuk kurikulum 2004 bertujuan untuk mewujudkan siswa yang aktif. Jadi, guru hanya mengajar sebatas saja. Untuk kurikulum 2006 bertujuan untuk mewujudkan guru yang aktif, sehingga guru menjelaskan kepada murid lebih detil dan lebih jelas.


5. Sebutkan dan jelaskan 3 contoh pengembangan kurikulum paud


Jawaban:

singkatan dari PAUD

pendidikan anak usia dini

Jawaban:

000000

Penjelasan:

000000ppoffgjj


6. jelaskan karakteristik dari pengembangan kurikulum PAUD permendikbud 137 dan permendikbud 146 ?


Jawaban:

karakteristiknya yaitu Permendikbud 137 lebih baik dari 146


7. Apa saja karakteristik dari pengembangan kurikulum paud permendikbud 137 dan perrmenikbu 146 ?


Jawaban:

mbuh lah aku gaiso garap e


8. Bagaimana cara memasukan kurikulum pendidikan anti korupsi ke dalam tingakatan paud samapi perguruan tinggi ke dalam kurikulum pendidikan(


Jawaban:

Melakukan Sosialisasi Tentang Pemahaman Kurikulum Terbaru Dan Sosialisasi bahaya korupsi

Penjelasan:

Melakukan Pendekatan Kepada Masyarakat,Pelajar,Guru Agar Tidak Terjadi Kebingungan Dan Kesalahpahaman Tentang Korupsi.

Semoga Membantu


9. mengapa kurikulum menjadi panduan dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dimasa yang akan datang dan perlukah kurikulum untuk paud jelaskan​


Penjelasan:

karena dalam kurikulum sekarang ini pemerintah lebih mengutamakan pendidikan berkarakter atau sikap.


10. ada yang punya materi panduan pengembangan kurikulum paud?


Itu teh, teteh search aja pengembangan kurikulum paud ntar keluar deh. Tadi aku juga udah coba cari, dan ternyata ada tapi susah ngopy nya..

11. bagaimana praktik pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada lembaga paud​


Jawaban:

taman kanak kanak

Penjelasan:

hui betulkan


12. jelaskan landasan pengembangan kurikulum paud dan bagai mna landasan tersebut di terapkan dlm pengembangan kurikulum​


Jawaban:

dengan membuat peserta didik bahagia dan mengajak belajar dengan bermain


13. 1. jelaskan pijakan yang digunakan dalam kurikulum paud?


Ada 4 empat pijakan yang harus dijadikan acuan dalam menjadikan PAUD sebagai sumber belajar, yaitu:

Mendukung mewujudkan aktualisasi potensi AUD sebagaimana yang dinyatakan dalam standar PAUD (STPP: LPA, Dominan, TPP),Mendukung kesiapan anak mengikuti pendidikan lebih lanjut (school readiness),Memiliki kesesuaian dengan karakteristik AUD Indonesia (DAP anak Indonesia), danMateri Esensial yang bermakna dan fungsional untuk anak, TFP (Terms, Facts and Principles).

Pembahasan :

Kurikulum PAUD adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, proses, bahan dan alat, serta penilaian yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan PAUD. Kurikulum PAUD Sendiri terdiri dalam tiga tingkatan, mikro meso, dan makro, Kurikulum PAUD tingkat mikro merupakan penerapan di lapangan, atau saat proses pembelajaran berlangsung. Kurikulum tingkat meso, adalah kurikulum tingkat lembaga (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP), Sedangkan tingkat makro, merupakan kurikulum tingkat nasional.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang kurikulum paud pada https://brainly.co.id/tugas/12790281?source=quick-results&auto-scroll=true&q=kurikulum%20paud

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


14. Dalam pelaksanaan pembelajaranternyata diketahui hasilnya ada beberapa penyimpangan dari program yang telah di tetapkan baik oleh lembaga maupun pusat kurikulum termasuk di dalamnya belum terpenuhi sk dan kd nya apa yang harus kita lakukan sebagai kepla sekolah ?


Yang harus diperhatikan dalam memanajemen kelas adalah

memanajemen waktu terlebih dahulu agar siswa disiplin. bukann hanya disiplin waktu tetapi juga kebersihan kelas harus tetap terjaga.


15. jelaskan landasan pengembangan kurikulum paud dan bagaimana landasan tersebut di terapkan dlm pengembangan kurikulum di sekolah tempat anda mengajar​


Jawaban:

Pengembangan kurikulum bertujuan mencari tahu apakah agenda kegiatan yang telah dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan-tujuan lembaga. Pengembangan kurikulum digunakan sebagai penilai umum meliputi konsep, masalah, dan keterampilan yang akan disusun menjadi kurikulum. Landasan pengembangan kurikulum berpijak pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.

Kurikulum yang menjadi rancangan pendidikan menjadikannya mempunyai kedudukan penting dalam dunia pendidikan. Maka dalam penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa adanya landasan yang kokoh. Dengan landasan tersebut menghasilkan program pendidikan yang terarah dalam melaksanakan tujuan pendidikan

Landasan dalam pengembangan kurikulum adalah sebagai berikut:

Landasan Filosofis

Landasan ini dalam pengembangan kurikulum mencakup tentang landasan filsafat, mengidentifikasi dan mengimplitasikannya. Dengan filsafat metodologi praktik pendidikan terarah, timbal baliknya Pratik pendidikan itus endiri menjadi bahan bagi pertimbangan filosofis pendidikan. Sehingga landasan filosofis menjadi landasan penting dalam pengembangan kurikulum. Filsafat pendidikan menjadi dasar dan arah pendidikan, sedangkan pelaksanaannya melalui proses pendidikan.

Landasan Psikologis

Landasan ini dalam pengembangan kurikulum mencakup tentang perilaku dan fungsi mental manusia sebagai objek pendidikan secara ilmiah dan mengidentifikasinya. Dalam pengembangan kurikulum paling tidak ada 2 (dua) cabang psikologis, yakni psikologis perkembangan dan psikologis belajar. Ada 9 (Sembilan) aspek psikologis yang dikembangkan dengan perantara berbagai mata pelajaran dalam kurikulum.

Aspek Ketakwaan

Aspek Cipta

Aspek Rasa

Aspek Karsa

Aspek Karya (Kreatif)

Aspek Karya (Keprigelan)

Aspek Kesehatan

Aspek Sosial

Aspek Individu

Landasan Sosial Budaya

Landasan ini tentang nilai, tata sosial, dan tata laku manusia di masyarakatdan mengidentifikasinya. Dengan landasan Sosial Budaya diharapkan lahirnya manusia yang bermutu, mengerti dan mampu membangun masyarakat. Maka dari itu, kurikulum dengan segala perangkatnya tujuan, isi bahkan proses disesuaikan dengan kondisi, karakteristik, kekayaan dan perkembangan masyarakat.

Landasan Yuridis

Kurikulum pada dasaranya adalah produk yuridis yang ditetapkan melalui keputusan menteri Pendidikan Nasional RI. Sebagai pengejawantahan dari kebijakan pendidikan yang ditetapkan oleh lembaga legislatif yang mestinya mendasarkan pada konstitusi/UUD. Dengan demikian landasan yuridis pengembangan kurikulum di NKRI ini adalah UUD 1945 (pembukaan alinia IV dan pasal 31), peraturan-peraturan perundangan seperti: UU tentang pendidikan (UU No.20 Tahun 2003), UU Otonomi Daerah, Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan, Surat Keputusan dari Dirjen Dikti, peraturan-peraturan daerah dan sebagainya.


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Sk Penetapan Kurikulum Paud"